Chapecoense Dinobatkan Sebagai Juara Copa Sudamericana 2016

234bola.com – Pasca tragedi maut jatuhnya pesawat yang menimpa klub Chapecoense, Presiden CONMEBOL (Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan) memutuskan untuk menobatkan Chapecoense juara Copa Sudamericana 2016.

Presiden sementara Chapecoense Ivan Tozo mengkonfirmasi bahwa pada hari sabtu, Asosiasi Sepakbola Ameriak Utara (CONMEBOL) akan memberikan gelar Copa Sudamericana 2016 kepada Chapecoense.

Piala ini akan diberikan kepada klub asal Brazil ini atas kejadian tragis yang menimpa mereka saat perjalanan menuju Medellin, Kolombia. Kecalakaan tersebut telah merenggut nyawa 71 orang yang 19 diantaranya adalah pemain dari Chapecoense.

Berbicara mengenai hal tersebut, Tozzo mengatakan bahwa gelar Copa Sudamericana 2016 akan diberikan sepenuhnya lengkap dengan uang hadiah untuk para pemenang sebagai bentuk penghormatan atas tragedi yang menimpa Chapecoense.

“CONMEBOL telah memutuskan untuk menyerahkan gelar ini kepada Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana,” ungkap Tozzo.

“Kami menerima banyak dukungan dari berbagai federasi. CBF, CONMEBOL, FIFA dan tentunya masyarakat Chapeco.

“Mulai sekarang ini, kami memulai untuk membangun kembali tim. Masyrakat menginginkan sepakbola, masyarakat mencintai sepakbola di Chapeco.

“Oleh karena itu, kami harus tetap melanjutkannya. Mari bicara dan segera melakukannya dengan baik, biarkan situasi ini berjalan dengan baik dan kembali membangun tim untuk tahun depan.”

Bersama dengan gelar juara, CONMEBOL juga memberikan uang senilai 2 juta dolar AS, atau sekitar Rp.27 miliar sebagai hadiah Chapecoense juara Copa Sudamericana 2016.

Sementara itu, calon lawan Chapecoense di partai final Atletico Nacional juga telah mengkampanyekan agar gelar tersebut diberikan untuk Chapecoense pada wal minggu ini.

“Atletico Nacional telah diundang oleh CONMEBOL untuk menyerahkan gelar Copa Sudamericana kepada asosiasi sepakbola Chapecoense atas musibah besar yang menimpa mereka dan penghormatan kepada para korban kecelakaan tragis serta bentuk duka cita dari kami,”

“Untuk kami, dan selamanya, Chapecoense akan selalu menjadi juara Copa Sudamericana 2016.” tutpnya.

Pesawat yang dioperasikan LAMIA Bolivia British Aerospace RJ85 ini mengangkut 81 orang yang merupakan tim lengkap, wartawan dan staf pelatih Chapocoense harus jatuh jatuh 29 November 2016. Kecalakaan tersebut telah merenggut nyawa 71 orang yang 19 diantaranya adalah pemain dari Chapecoense.