Liverpool 3-0 Middlesbrough : The Reds Raih Tiket Liga Champions Musim Depan

234bola.com, Liverpool – Liverpool mengakhiri Premier League musim 2016/2017 ini di posisi empat. Itu setelah ‘Si Merah’ menang 3-0 atas Middlesbrough di partai terakhir.

Menjamu Boro di Anfield, Minggu (21/5/2017) malam WIB, Liverpool butuh kemenangan untuk mengunci finis empat besar. Tuan rumah sempat terdesak karena kesulitan menembus pertahanan Boro, sementara di partai lain Arsenal, yang cuma tertinggal satu angka di klasemen, sedang unggul atas Everton.

Tapi pada prosesnya Liverpool menemukan jalan keluar jelang babak pertama berakhir. Sepakan keras Georginio Wijnaldum di menit ke-46 membawa mereka unggul dan meredakan tekanan.

Momentum itu dimanfaatkan benar oleh Liverpool. Di menit ke-51 Philippe Coutinho menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas, disusul gol lain dari Adam Lallana di menit ke-56. Skor 3-0 bertahan sampai laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Liverpool memastikan diri finis keempat dan lolos ke Liga Champions –melalui jalur kualifikasi– dengan nilai 76 dari 38 pekan, dua poin di belakang Manchester City yang finis ketiga. Sementara Arsenal harus puas finis kelima alias di luar zona Liga Champions meski menang atas Everton.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung mencatatkan percobaan di menit pertama lewat Roberto Firmino. Sepakannya mengarah ke gawang tapi masih tepat ke arah kiper.

Lima menit kemudian tercipta peluang lain. Bola sapuan dari pertahanan Boro didapatkan Nathaniel Clyne dan disambut dengan sepakan. Tapi cuma melebar ke kiri.

Liverpool mencoba mengurung Boro. Di menit ke-16 Georginio Wijnaldum mencoba melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti meneruskan umpan Firmino. Tapi terhalang pertahanan Boro.

Di menit ke-21, giliran Emre Can yang mendapatkan kesempatan. Mendapatkan ruang tembak tak jauh dari kotak penalti, sepakan gelandang Liverpool ini cuma melebar ke sisi kiri gawang.

Tekanan terus dilancarkan tuan rumah ke Boro. Dua menit kemudian Philippe Coutinho melepaskan tembakan tapi bisa dihalau Brad Guzan.

Boro mengklaim penalti usai Patrick Bamford terjatuh dalam duel dengan Dejan Lovren. Tapi wasit tak menganggapnya demikian, permainan berlanjut.

Di menit ke-24, Boro mendapatkan kans. Umpan lambung Stewart Downing ditanduk Rudy Gestede, tapi melebar.

Liverpool kembali menekan tiga menit kemudian. Sepakan Daniel Sturridge masih melebar ke kanan. Percobaan berikutnya dari Coutinho dan upaya lain dari kaki Sturridge juga masih melebar ke sisi yang sama.

Serangan demi serangan dibangun Liverpool. Di menit ke-36, sepakan Adam Lallana tepat mengarah ke Guzan. Demikian juga upaya dari Firmino semenit kemudian.

Upaya Liverpool baru membuahkan hasil jelang babak pertama berakhir. Menyerang dari sisi kanan, Firmino memberikan umpan terobosan ke Wijnaldum yang berlari merangsek ke kotak penalti.

Tanpa terkawal, gelandang Liverpool ini melepaskan sepakan keras dan tak kuasa dihentikan Guzan. Babak pertama berakhir tak lama berselang.

Lima menit babak kedua berjalan, Liverpool menggandakan keunggulan. Mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Boro, Coutinho mengarahkan sepakan keras ke pojok kiri dan tak terjangkau Guzan.

Di menit ke-56, Liverpool mendapatkan gol ketiga dari serangan balik. Bola sundulan Wijnaldum didapatkan Lallana yang kemudian merangsek ke dalam kotak penalti. Menghadapi kiper, dia dengan tenang menceploskan bola ke pojok kanan bawah gawang.

Dua menit kemudian Boro merespons dengan peluang apik. Adam Forshaw menghadapi Simon Mignolet dan melepaskan sepakan, tapi upayanya bisa dihalau kiper Liverpool tersebut.

Liverpool kembali melancarkan serangan demi serangan. Sepakan Coutinho susah payah ditepis Guzan di menit ke-60.

Tuan rumah sempat membangun sejumlah serangan apik. Tapi pertahanan Boro sigap melakukan intersepsi di saat-saat terakhir. Dua peluang untuk Wijnaldum di menit ke-63 dan 67 gagal.

Boro mendapatkan kans bagus di menit ke-81. Tapi sepakan Forshaw gagal menemui sasaran. Di sisa waktu pertandingan, Liverpool beberapa kali mendapatkan peluang, tapi gagal mencetak gol tambahan. Laga berakhir dengan skor 3-0.

Susunan pemain:

Liverpool: Mignolet, Clyne, Matip, Lovren, Milner (Moreno 86′), Can, Wijnaldum, Coutinho, Lallana, Sturridge (Origi 83′), Firmino (Lucas 79′)

Middlesbrough: Guzan, Da Silva (Ayala 73′), Chambers, Gibson, Friend, Leadbitter, Clayton, Forshaw, Bamford, Gestede (Negredo 73′), Downing

LIVESCORE BOLA | JADWAL BOLA | BERITA BOLA | PREVIEW & PREDIKSI