Pembantaian Prancis 4 – 1 Terhadap Bulgaria

234BOLA – Prancis sukses membukukan kemenangan perdana mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa setelah membungkam perlawanan Bulgaria dengan dkor 4-1 di Stade de France, Sabtu (8/10) dini hari WIB.

Berusaha menekan sejak awal, Prancis justru harus kecolongan saat laga berjalan enam menit. Kesalahan Bacary Sagna yang menjatuhkan Georgi Milanov di kotak penalti harus dibayar mahal setelah eksekusi Mihail Aleksandrov dari titik putih tak mampu dibendung Hugo Lloris.

Tersentak, pasukan Les Bleus bersusaha meningkatkan intensitas serangan demi mencari gol balasan. Hasilnya datang pada menit ke-23, berawal dari pergerakan Sagna, sang bek kanan Manchester City itu menebus kesalahannya dengan memberikan umpan akurat yang secara sempurna disambar Kevin Gameiro.

Tiga menit berselang, Prancis meneruskan momentum positif dengan mampu membalikkan keadaan. Berawal dari pergerakan Dimitri Payet di sisi kiri, winger West Ham United itu melepaskan umpan silang yang coba diteruskan Antoine Griezmann, bola luput tapi meluncur mulus ke sisi kanan gawang Bulgaria.

Derasnya tekanan Prancis membuat pertahanan Bulgaria goyah dan pada menit ke-38, kesalahan umpan yang dilakukan Zhivko Milanov di wilayah permainan sendiri membuat bola jatuh di kaki Griezmann yang langsung menembak ke pojok kanan gawang. Tuan rumah pun memimpin 3-1 hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Prancis masih tetap mempertahankan irama permainan mereka yang terus menekan barisan belakang Bulgaria. Minimnya ancaman dari pihak lawan membuat dua bek sayap Prancis, Layvin Kurzawa dan Djibril Sidibe leluasa untuk naik jauh ke depan membantu penyerangan tim mereka.

Anak asuh Didier Deschamps semakin memperlebar keunggulan lewat gol kedua yang dicetak Gameiro di laga ini pada menit ke-59. Bomber tajam Atletico Madrid tersebut sukses menyambut umpan tarik matang dari Griezmann dengan tembakan yang menembus sisi kiri gawang Bulgaria.

Hingga pertengahan babak kedua, Bulgaria tetap kesulitan dalam mengembangkan permainan dan lebih banyak dipaksa untuk bertahan. Sementara Prancis terus menebar ancaman, beberapa kesempatan didapat Moussa Sissoko, Paul Pogba hingga Griezmann tetap tak mengubah kedudukan.

Menit ke-77, Prancis punya peluang untuk bisa mengemas gol kelima di laga ini. Namun sayangnya, eksekusi kaki kiri mendatar yang dilancarkan Blise Matuidi masih digagalkan tuang gawang. Sidibe sempat coba memanfaatkan bola rebound, tapi usahanya masih melebar.

Gelombang serangan Prancis terus beranjut hingga memasuki tahap akhir permainan dini hari ini. Berbagai tekanan dilancarkan dari segala penjuru, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan wasit, keunggulan 4-1 milik Prancis tetap bertahan.