Prancis 2-1 Swedia : Tampil fullteam, Prancis hanya bisa menang tipis

234bola.com, Paris – Prancis memetik poin penuh dalam laga kandang kontra Swedia. Tertinggal lebih dulu, Les Bleus akhirnya menang tipis dengan skor 2-1.

Pada lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA yang dihelat di Stade de France, Sabtu (12/11/2016) dinihari WIB, Prancis tampil dominan dengan total 18 attempts, tujuh di antaranya mengarah ke sasaran.

Sementara Swedia cuma punya empat attempts, tapi salah satunya tepat sasaran dan jadi gol pembuka yang dicetak Emil Forsberg. Prancis bangkit lewat gelontoran gol-gol Paul Pogba serta Dimitri Payet.

Tambahan tiga poin membuat Prancis kokoh di posisi puncak dengan 10 poin dari empat pertandingan, unggul tiga angka dari Swedia di posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Prancis langsung menggebrak sejak menit awal dan menekan pertahanan Swedia. Namun, peluang berbahaya didapat pertama kali oleh tim tamu justru di menit ke-11.

Free kick Ludwig Augustinsson mengarah ke kotak penalti dan menciptakan kemelut di depan gawang Prancis. Sayangnya, John Guidetti gagal mencapai bola tersebut dan keburu dibuang Raphael Varane.

Di menit ke-15 Robin Olsen mampu menepis sepakan Paul Pogba susah payah. Dari situ lahir korner yang dilayangkan Dimitri Payet ke kotak penalti, tapi lagi-lagi Pogba gagal menjadikannya gol.

Swedia coba mencuri peluang tapi belum ada yang membahayakan gawang Lloris. Sampai babak pertama berakhir, skor 0-0 tetap bertahan.

Masuk di babak kedua, Swedia ambil inisiatif serangan dan membahayakan gawang Lloris di menit ke-52. Crossing tajam dari Augustinsson mengarah ke Ola Toivonen di kotak penalti, namun Lloris keluar cepat dari sarang untuk membuang bola.

Dua menit kemudian gawang Prancis jebol usai Emil Forsberg mencetak gol lewat sepakan bebas melengkung ke pojok kanan atas, sementara Lloris hanya terpaku melihat bola masuk ke jalanya.

Hanya butuh tiga menit untuk Prancis menyamakan skor jadi 1-1. Dari free kick Payet di sisi kiri, bola mengarah ke Pogba yang kemudian menanduknya ke dalam gawang.

Prancis Menang Tipis Atas SwediaFoto: REUTERS/Benoit Tessier

Di menit ke-61, Prancis nyaris mencetak gol lagi andaikan Olsen tak cepat menghalau sepakan jarak dekat Olivier Giroud.

Payet! Prancis akhirnya berbalik unggul di menit ke-65. Diawali aksi Antoine Griezmann dalam menyisir sisi kiri, Olsen lantas coba menutupnya saat si pemain mendekati gawang. Griezmann dengan cepat mengumpan ke arah Payet yang tanpa kesulitan menyonteknya masuk dari jarak 10 yard.

Prancis Menang Tipis Atas SwediaFoto: REUTERS/Benoit Tessier

Empat menit jelang bubaran tiang gawang Swedia bergetar setelah dihantam bola sepakan keras Griezmann.

Laga pun akhirnya tuntas dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris; Sidibe, Varane, Koscielny, Evra; Pogba, Matuidi; Sissoko, Griezmann (Kante 88′), Payet; Giroud.

Swedia: Olsen; Krafth, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Durmaz (Jansson 87′), Johansson, Ekdal (Hiljemark 66′), Forsberg; Guidetti (Thelin 73′), Toivonen.