PREVIEW : Luksemburg vs Belanda

234bola.com, Luksemburg – Timnas Belanda akan berusaha memperbaiki posisi mereka di klasemen Grup A di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Oleh karenanya mereka harus meraih tiga poin saat bertandang ke markas Luksemburg pada hari Senin (14/11) dini hari nanti.

Selama beberapa tahun terakhir, Belanda memang tengah kehilangan identitas mereka, alhasil mereka harus menerima kenyataan pahit gagal bermain di Euro 2016 yang lalu. Di bawah kepemimpinan Danny Blind keadaan tidak berubah semakin baik. Mereka masih terlihat kesulitan menemukan permainan terbaik mereka dan itu terlihat dari beberapa hasil pertandingan terakhir mereka. Oleh karenanya demi memperbaiki situasi ini mereka harus mulai memenangkan pertandingan.

Melawan Luksemburg sejatinya menjadi momen yang tepat untuk memulihkan kepercayaan diri skuat Die Oranje. Mereka tercatat selalu menang dalam delapan pertemuan terakhir kontra Luksemburg, di mana mereka tidak pernah kebobolan sekalipun dalam delapan laga tersebut. Selain itu Luksemburg sendiri juga belum meraih satupun kemenangan Semenjak bulan November tahun lalu sehingga tidak ada saat yang lebih tepat bagi Belanda untuk bangkit.

Jelang laga ini pelatih Danny Blind mendapat sebuah kabar buruk. Pada laga uji coba kontra Belgia kemarin, ia harus kehilangan Stijn Schaars yang mengalami cedera. Selain itu Vincent Jaansen juga diragukan turun pada laga ini setelah mengalami tubrukan dengan Simon Mignolet pada pertandingan tersebut.

Blind sendiri kemungkinan akan kembali ke formasi 4-3-3, di mana Bas Dost akan masuk menggantikan posisi Jaansen di posisi striker utama Die Oranje. Arjen Robben yang disimpan Blind pada laga kontra Belgia kemarin kemungkinan akan menjadi starter bersama dengan Memphis Depay di sektor sayap mereka. Sebagai ganti Schaars, Jordie Clasie kemungkinan akan menjadi starter di lini tengah Belanda bersama dengan Wesley Sneijder dan Georginio Wijnaldum di lini tengah.

Di kubu Luksemburgh, Pelatih Luc Holtz disebut berada dalam kondisi 100% jelang menghadapi Belanda. Seluruh pemain mereka dikabarkan cukup bugar demi merebut kemenangan perdana mereka musim ini.

Holtz sendiri dipercaya akan bermain pragmatis dengan skema 4-5-1 nya, di mana ia akan menurunkan Aurelien Joachim sebagai penyerang tunggal pada laga ini. Untuk meredam agresifitas Belanda, Holtz akan memasang tiga gelandang bertahan yaitu Vincent Thill, Mario Mutsch dan Chris Phillips, sedangkan lini pertahanan mereka akan diisi duet Ricardo Delgado dan Eric Veiga.

Perkiraan Susunan Pemain
Luksemburg (4-5-1): Moris; Simon, Pereira, Delgado, Jans; Alves, Thill, Mutsch, Phillips, Bohnert; Joachim

Belanda (4-3-3): Stekelenburg; Blind, Van Dijk, Bruma, Veltman; Clasie, Sneijder, Wijnaldum; Depay, Dost, Robben

Statistik Kedua Tim
Head to Head
18/11/07 Belanda 1 – 0 Luksemburg (Kualifikasi Euro)
03/09/06 Luksemburg 0 – 1 Belanda (Kualifikasi Euro)
15/12/94 Belanda 5 – 0 Luksemburg (Kualifikasi Euro)
08/09/94 Luksemburg 0 – 4 Belanda (Kualifikasi Euro)
18/11/71 Luksemburg 0 – 8 Belanda (Kualifikasi Euro)

Lima Pertandingan Terakhir San Luksemburg (K-K-K-K-S)
01/06/16 Luksemburg 1 – 3 Nigeria (Uji Coba)
03/09/16 Latvia 3 – 1 Luksemburg (Uji Coba)
07/09/16 Bulgaria 4 – 3 Luksemburg (Kualifikasi PD)
08/10/16 Luksemburg 0 – 1 Swedia (Kualifikasi PD)
11/10/16 Belarusia 1 – 1 Luksemburg (Kualifikasi PD)

Lima Pertandingan Terakhir Belanda (K-S-M-K-S)
02/09/16 Belanda 1 – 2 Yunani (Uji Coba)
07/09/16 Swedia 1 – 1 Belanda (Kualifikasi PD)
08/10/16 Belanda 4 – 1 Belarusia (Kualifikasi PD)
11/10/16 Belanda 0 – 1 Prancis (Kualifikasi PD)
10/11/16 Belanda 1 – 1 Belgia (Uji Coba)

Prediksi Skor
Laga yang digelar di Kota Letzebuerg diprediksi akan berjalan dengan cukup ketat. Kedua tim yang bertanding sama-sama masih mencari indentitas serta konsistensi permainan sehingga kedua tim akan tampil mati-matian pada laga ini.

Berstatus sebagai tuan rumah, Luksemburg kurang dijagokan untuk memenangkan laga ini. Selain karena catatan buruk mereka yang belum sekalipun menang sejak bulan November tahun lalu, mereka juga punya sejarah yang cukup kelam saat berhadapan dengan Belanda di mana terakhir kali mereka menang atas skuat De Oranje terjadi pada tahun 1963.

Tim 234bola.comĀ memprediksi laga ketat ini akan berakhir dengan kemenangan tim tamu Belanda dengan skor akhir 3-0.